Bagi semua pemilik bisnis pasti ingin bisnisnya dapat muncul pada pencarian lokal Google. Tidak hanya muncul di pencarian lokal, tetapi ingin muncul pada rangking teratas pencarian Google atau dalam bahasa kerennya adalah Local Search Engine Optimization (SEO).
Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan agar unggul pada rangking pencarian lokal Google?
Berikut penulis jabarkan apa saja yang harus dilakukan pemilik bisnis agar bisnisnya unggul pada pencarian lokal Google1. Isi data bisnis dengan lengkap
Melengkapi Profil Bisnis |
2. Pastikan akurasi jam buka-tutup
Akurasi jam buka-tutup |
Bila diposisi pelanggan, kita pernah menggunakan platform Google untuk mencari tempat. Dengan informasi bahwa tempat sedang buka. Setelah datang kelokasi ternyata tempat tutup. Tentu ini adalah hal yang mengecewakan bagi pelanggan.
Karena itu sebagai pemilik bisnis, anda memberikan jam buka-tutup yang akurat agar pelanggan tahu bahwa bisnis anda sedang tutup sehingga tidak timbul perasaan kecewa. Hal ini dapat menjadi penilaian pelanggan terhadap bisnis anda.
3. Mengajak dan menanggapi ulasan pelanggan
Screenshoot Google Bisnisku membalas ulasan |
Inilah pramater kunci bagi Google untuk menampilkan bisnis anda para rangking teratas. "Rating dan Ulasan", dengan rating bintang yang tinggi disertai dengan jumlah ulasan yang banyak meningkatkan peluang bisnis anda muncul pada top local SEO Google.
Ajak pelanggan untuk memberikan "rating dan ulasan" dengan membuat marketing kit dengan bahasa yang mengajak untuk memberikan ulasan. Banyak metode yang dapat digunakan untuk mendapatkan ulasan. Mulai dari banner, foto yang berisi ulasan pelanggan, kartu bisnis, dan masih banyak metode lainnya.
Selain dengan metode marketing kit. Titik listing yang akurat secara otomatis akan memberikan notifikasi di smartphone pelanggan untuk memberikan ulasan.
4. Unggah foto, video
Mengunggah foto terbaru |
Banyak pelanggan yang sudah menemukan listing bisnis anda melakukan aktivitas melihat foto atau video. Karena foto atau video merepresentasikan seperti apa bisnis anda kepada pelanggan. Dengan foto dan video pelanggan memiliki gambaran seperti apa bisnis anda. Anda dapat mengunggah foto video yang berkualitas untuk menarik minat pelanggan.
Selain mengunggah foto atau video dari pemilik, anda juga dapat meminta pelanggan untuk mengunggah foto atau video.
5. Posting berita terbaru
Memposting info terbaru |
Yang terkahir jangan lupa untuk terus memposting berita terbaru dari bisnis anda. Selain posting berita terbaru, anda juga dapat memposting promo terbaru atau event yang akan datang kepada pelanggan. Jangan lupa untuk membagikan postingan dari Google Bisnis ke media sosial.
Tips: untu postingan lakukan setiap minggu agar postingan sebelumnya tetap tampil pada pencarian
Dengan melakukan 5 langkah diatas, anda tinggal menunggu waktu agar bisnis anda naik pada pencarian lokal. Untuk progress dapat dilihat pada insight jumlah "penemuan" pada insight. Anda harus konsisten dalam memberikan informasi yang up to date, agar Google terus mengindeks bisnis anda.
Tidak ada komentar