Mengunggah foto pada listing bisnis tidak sekedar foto. Foto yang diunggah harus merepresentasikan bisnis.
Dari pengalaman pribadi, saya menyimpulkan lebih dari 95 persen pelanggan yang melihat bisnis di Google melakukan tindakan pelanggan berupa melihat foto.
Pelanggan ingin mengetahui lebih dalam tentang bisnis melalui foto yang di unggah. Baik berupa foto yang diunggan oleh pemilik bisnis maupun pelanggan.
Saya akan membagikan 7 pedoman agar foto yang diunggah terlihat bagus.
Apa Saja Pedoman Untuk Posting Foto Pada Google Bisnisku?
Berikut pedoman posting foto Google Bisnisku yang direkomendasikan:
- Format: JPG atau PNG
- Ukuran File: 10KB sampai 5 MB
- Resolusi (rekomendasi): tinggi 720 piksel dan lebar 720 piksel
- Resolusi minimum: tinggi 250 piksel dan lebar 250 piksel
- Kualitas: pencahayaan yang bagus, tidak diedit berlebihan sehingga menunjukkan foto nyata
- Lokasi: mengaktifkan lokasi saat memotret foto (cara mengaktifkan fitur ini pada kamera smartphone dapat berbeda-beda tiap vendor)
- Dimensi: bila memotret dengan kamera smartphone disarankan mengambil foto objek pada posisi kamera landscape menggunakan aspek ratio 4:3
Baca juga: Optimasi Google Bisnisku part 2 - Menggunakan Fitur Postingan Untuk Menarik Minat Pelanggan
Posting Foto Pada Google Bisnisku
Setelah memahami panduan dalam pengambilan foto, berikut cara posting foto pada Google Bisnisku (aplikasi)
- dari menu beranda pilih tombol "Postingan" yang berada di sebelah kanan bawah
- pilih "Tambahkan Foto/Video"
- kemudian diarahkan untuk pengambilan foto atau memilih foto melalui galeri
- bila ingin mengunggah foto dalam jumlah banyak ulangi mengambil gambar atau memilik foto
- isi "caption" dengan teks untuk menceritakan foto (maksimal 80 karakter)
- kemudian pilih "upload"
Kesimpulan
Foto yang bagus tidak hanya berdasar seberapa bagus kamera yang
digunakan.
Google memberikan pedoman kualitas foto yang diunggah, agar meningkatkan
peluang pelanggan untuk mengunjungi bisnis.
Tidak ada komentar