Google Bisnisku dilengkapi dengan fitur chat atau pesan yang dapat digunakan untuk berinteraksi antara pelanggan dan pemilik usaha.
Fitur chat ini selayaknya aplikasi chat yang sering kita gunakan sehari-hari seperti WhatsApp, Telegram atau aplikasi chat/messanger lainnya. Tentunya fitur chat ini digunakan untuk keperluan bisnis dengan fitur terbatas.
Daftar isi
- Fitur chat Google Bisnisku
- Mengaktifkan fitur chat
- Mengatur pesan selamat datang
- Cara menggunakan fitur chat
- Persyaratan fitur chat
- Data metrik pesan
- Kesimpulan
Fitur chat Google Bisnisku
Fitur chat pada Google Bisnisku pertama kali diluncurkan padata tahun 2017. Bagi pelanggan, fitur chat ini akan muncul saat melihat bisnis pada aplikasi Google Maps dan aplikasi Google Penelusursan.
Di awal tahun 2021, Google melakukan perubahan kecil pada Google Bisnisku. Perubahan itu adalah dengan mengaktifkan fitur chat sebagai fitur standar saat pembuatan listing Google Binsisku.
Fitur chat ini sebenarnya sudah lama ada. Sepertinya Google ingin mendorong penggunaan fitur chat untuk komunikasi antara pelanggan dengan pemilik usaha. Fitur chat guna melengkapi fitur panggilan telepon yang sebelumnya sudah ada terlebih dahulu.
Selain itu dikarenakan pada fitur insight yang diperbaharui dengan adanya metrik pesan, untuk merekam seberapa sering penggunaaan fitu chat pada Google Bisnisku.
Mengaktifkan fitur chat (Update Februari 2021)
Fitur chat pada Google Bisnisku dapat diaktifkan melalui Google Bisnisku aplikasi. Jadi untuk membalas chat dari pelanggan selayaknya membalas pesan seperti menggunakan aplikasi chat yang digunakna sehari-hari.
Bagi pemilik usaha yang mengelola usaha melalui komputer. Juga dapat menggunakan fitur pesan pada Google Bisniku versi web (dekstop).
- Setelah mendownload aplikasi Google Binsisku, jangan lupa login Google Bisnisku dengan akun Google yang digunakan untuk mengelola bisnis.
- Pada tampilan beranda, pilih menu Customers atau Pelanggan
- Dibagian atas akan ditemukan tab "Messages" atau "Pesan"
- Akan muncul popup yang meminta untuk mengaktifkan fitur pesan. "Pilih aktifkan"
Mengatur pesan selamat datang
Selamat, fitur chat sudah aktif. Pemilik usaha dapat mengatur pesan selamat datang untuk menyambut pelanggan yang pertama kali mengubungi bisnis melalui chat. Pesan selamat datang atau welcome message sudah menjadi fitur standar pada aplikasi chat bisnis.
Tips: Pesan selamat datang dibatasi dengan maksimal 120 karakter
Untuk mengatur atau edit pesan selamat datang.
- Tap tombol tiga titik vertikal di kanan atas.
- Pilih "edit pesan selamat datang"
- Ubah dengan pesan yang ingin disampaikan kepada pengguna baru
Cara menggunakan fitur chat
Pelanggan
Pelanggan dapat menghubungi pemilik usaha dengan tombol chat/pesan saat melihat bisnis pada Google Maps atau Google Penelusuran. Semua chat pelanggan akan tersimpan pada aplikasi Google Maps.
Google Maps Chat Pelanggan |
Pertanyaan: bagaimana nama pelanggan yang akan ditampilkan pada chat?
Nama pelanggan akan tampil di chat sesuai dengan nama pengguna akun Google yang digunakan pada Google Maps.
Pemilik usaha
Pemilik usaha dapat membalas pesan dari pelanggan dengan menggunakan aplikasi Google Bisnisku. Bila ada pesan masuk, akan muncul pada push notifikasi pada smartphone dan dapat dengan segera membalas atau merespon chat dari pelanggan.
Untuk nama yang ditampilkan pada chat adalah nama usaha.
Semua riwayat chat akan tersimpan pada akun Google yang digunakan untuk mengelola bisnis. Selain dapat melihat riwayat chat pada aplikasi Google Bisnisku, juga dapat melihat riwayat chat pada Google Maps. Tentunya pada Google Maps, pemilik bisnis menggunakan akun Google yang digunakan untuk mengelola bisnis
Persyaratan fitur chat
Google mensyaratkan penggunaan fitur chat pada Google Bisnisku. Persyaratan itu ada waktu respon pesan yang diberikan pelanggan. Kebijakan dari Google waktu respon itu adalah 24 jam sejak chat dari pelanggan. Bila waktu respon lebih dari 24 jam, Google akan menonaktifkan fitur chat dari profil bisnis.
Google Bisnisku Chat |
Tips:bagi pemilik bisnis agar fitur chat tetap aktif disarankan segera merespon chat dari pelanggan.
Data metrik pesan
Data metrik pesan untuk sementara hanya dapat dilihat pada Google Bisnisku versi web.
Pemilik bisnis dapat melihat performa dari fitur pesan. Data ditampilkan pada bagian insight kemudian dibagian "profil performa baru". Data metrik pesan menampilkan intensitas interaksi pelanggan menghubungi bisnis melui fitur chat pada rentang waktu tertentu.
Contoh: ingin melihat performa fitur pesan pada bulan X, atau pada rentang bulan X sampai Y.
Kesimpulan
Fitur chat sangat berfungsi dalam mengembangkan usaha, sebagai sarana interaksi antara pelanggan dengan pemilik usaha. Dengan fitur chat yang sudah terintegrasi di platform Google Maps dan Google Penelusuran, membuat pelanggan mudah dalam berkirim pesan daripada menggunakan aplikasi chat lain yang harus menyimpan nomor terlebih dahulu.
Dengan update terbaru, dimana fitur chat tidak lagi hanya aktif melalui aplikasi tetapi juga dapat diakses melalui versi web. Membantu produktifitas bagi pemilik usaha yang fokus bekerja melalui komputer atau laptop
Sumber : support.google.com
Tidak ada komentar