Ulasan dari pelanggan menjadi kesan tersendiri bagi pemilik usaha. Penilaian tentang produk atau jasa yang diberikan meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Apresiasi dari pelanggan atas kepuasan yang diperoleh dapat menjadi bonus untuk endorse tempat usaha secara gratis.
Disatu sisi ulasan menjadi kritik dan saran untuk meningkatkan kualitas tempat usaha. Bisa berupa perbaikan untuk produk atau jasa, penataan tempat agar lebih bagus, pelayanan (service) yang lebih baik.
Bisnis yang sudah lama, tetapi sulit sekali mendapatkan ulasan dari pelanggan. Bagaiamana untuk menaikkan jumlah ulasan?
Yang harus dilakukan
Ada banyak cara untuk mendapatkan ulasan dari pelanggan. Pemilik usaha dapat secara aktif untuk meminta ulasan dari pelanggan atau secara pasif dengan menggunakan pemberitahuan pada aplikasi Google Maps. Berikut sudah saya rangkumkan 4 cara untuk mendapatkan ulasan
1. Meminta Secara Langsung
Ini merupakan salah satu metode aktif untuk mendapatkan ulasan dari pelanggan. Mendekati pelanggan secara personal agar pelanggan bersedia memberikan ulasan terhadap bisnis.
Metode ini cocok untuk pelanggan yang sudah akrab dengan pemilik bisnis dan pelanggan baru yang berpotensi menjadi pelanggan tetap. Kelebihan lain yaitu pelanggan berpeluang besar untuk memberikan ulasannya.
2. Membagikan Link Ulasan
Bila metode pertama dirasa cukup berat, ada cara lain yang cukup mudah dengan membagikan link ulasan kepanda pelanggan. Link ulasan dapat dibagikan di pada media sosial agar pelanggan yang melihat media sosial bisnis dapat memberikan ulasan.
Selain dibagikan pada media sosial, link ulasan dapat dikemas menjadi marketing kit. Dapat berupa banner, kartu nama yang dimodifikasi menjadi kartu ulasan, brosur.
Cara mendapatkan link ulasan
Untuk mendapatkan link ulasan:
- Buka aplikasi Google Bisnisku pada smartphone
- Masuk ke menu pelanggan/customer
- Pilih bagian ulasan/review
- Pada sebelah kanan atas terdapat simbol "share/bagikan"
3. Menggunakan Promosi
Menurut saya ini merupakan cara yang sangat ampuh untuk mendapatkan ulasan. Pemilik usaha dapat membuat promo kepada pelangga mendapatkan diskon potongan harga atau bonus. Tetapi dengan imbalan pelanggan untuk memberikan ulasannya.
Memang biaya untuk berpromosi lebih banyak, tetapi peluang untuk mendapatkan ulasan dengan jumlah banyak secara cepat sangatlah besar.
4. Pesan Notifikasi Google Maps
Ini merupakan metode pasif untuk mendapatkan ulasan pelanggan. Kelebihan dari metode ini adalah pemilik usaha tidak perlu repot-repot secara aktif untuk mendapatkan ulasan, dikarenakan pelanggan secara otomatis akan mendapatkan pemberiahuan pada smartphone.
Karena sifatnya yang otomatis, terdapat dua ketentuan yang harus dipenuhi agar metode ini berhasil.
- Pada sisi pelanggan, pengaturan smartphone harus mengaktifkan lokasi (GPS), riwayat lokasi dan saran tempat.
- Pada sisi pemilik usaha, koordinat tempat usaha harus akurat pada Google Maps.
Kesimpulan
Nah, itu tadi beberapa metode yang dapat digunakan untuk mendapatkan ulasan dari pelanggan. Menurut saya metode di atas tidak mutlak. Banyak metode yang dapat digunakan agar mendapatkan ulasan pelanggan.
Selain mendapatkan ulasan jangan lupa untuk membalas ulasan yang sudah diberikan.
Tidak ada komentar