Facebook merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di
dunia. Dengan populasi 2,8 milyar pengguna bulanan dan 1,8 milyar
pengguna harian. Jumlah ini sudah melebihi populasi negara Tiongkok yang hanya
1,4 milyar (wikipedia).
Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mempromosikan bisnis melalui media sosial
ini.
Lalu, bagaimana langkah awal yang harus Anda ambil? Ya, langkah pertama yang
harus Anda ambil adalah, dengan membuat Facebook Page.
Apa itu Facebook Page (Halaman Facebook)?
Mungkin sebagian dari kita tidak asing apa itu Facebook Page. Tetapi apakah
sudah benar-benar mengetahui apa itu Facebook Page.
Dikutip dari halaman
Facebook for Business
Halaman Facebook adalah adalah fitur gratis bagi bisnis yang bisa membantu
Anda mengembangkan eksistensi di dalam dan di luar Facebook.
Jadi, Halaman Facebook meruapakan profil usaha sebagai eksistensi bisnis
didalam platform Facebook.
Lebih mudahnya, Halaman Facebook sebagai etalase dari usaha.
Untuk siapa Facebook Page?
Halaman Facebook ditujukan kepada pemilik usaha, merek, selebriti, gerakan dan
organisasi untuk berinteraksi dengan fan.
Fitur-fitur Facebook Page
1. Informasi Bisnis:
Halaman menampilkan informasi tentang bisnis Anda, seperti alamat, nomor
telepon, jam kerja, kategori, nama pengguna unik, dan lainnya.
2. Postingan:
Cara tercepat untuk membagikan informasi di Halaman Anda adalah dengan membuat
postingan. Anda bisa menambahkan tombol tindakan untuk mendorong orang
mengambil tindakan tertentu. Gunakan fitur penerbitan kami untuk mengelola
jadwal postingan Anda.
3. Pesan:
Halaman Anda dilengkapi dengan Kotak Masuk, yang memungkinkan Anda
berkomunikasi dengan orang di Facebook, Instagram, dan Messenger. Anda juga
bisa menggunakan fitur untuk mengelola pesan Anda dan mengotomatiskan
tanggapan.
4. Fitur:
Anda bisa menggunakan fitur Halaman gratis kami agar bisa terhubung dengan
pelanggan dan mengembangkan bisnis Anda. Fitur seperti Acara dan Janji Temu
bisa membantu mengembangkan basis pelanggan Anda, sedangkan Lowongan Kerja
bisa membantu Anda mencari kandidat yang berkualifikasi.
5. Insight:
Insight bisa membantu Anda menemukan pelanggan yang tertarik dengan tawaran
Anda. Anda bisa memahami tindakan yang dilakukan orang di Halaman Anda,
seperti seberapa sering mereka menyukai, mengomentari, atau membagikan
postingan. Anda juga bisa melihat insight tentang Halaman pesaing untuk
mempelajari industri dan pemirsa Anda.
6. Integrasi:
Halaman mampu mengintegrasikan profil pada Instagram serta WhatsApp.
Iklan:
Dengan iklan berbayar, mampu menjangkau audiens yang lebih luas. Karena jumlah
populasi di Facebook yang sangat besar
Manfaat Facebook Page
1. Jumlah teman atau penggemar yang tak terhingga.
Ini adalah salah satu poin penting kenapa harus membuat Fan Page Facebok
untuk usaha Anda. Dengan memiliki fanpage, Anda akan bisa meraih pertemanan
lebih banyak jika dibandingkan dengan akun pribadi yang hanya dibatasi
hingga 5000 orang. Semakin banyak orang yang mengenal nama usaha Anda
dampaknya tentu merek usaha akan lebih populer.
2. Jumlah admin bisa lebih dari satu
Berbeda dengan membuat akun pribadi, Fan Page Facebok dapat dikelola oleh
banyak orang dengan hak akses dan wewenang yang berbeda-beda. Dalam akun
fanpage ini seseorang bisa diberi wewenang sebagai admin, sebagai editor,
moderator, advertiser ataupun hanya sebagai analyser. Semakin tinggi
wewenangnya secara otomatis akan memiliki akses lebih banyak dalam mengelola
fan page.
3. Kehidupan pribadi lebih terjaga
Pada dasarnya akun facebook tidak boleh digunakan untuk membuat nama akun
perusahaan. Hal ini dilakukan agar kepentingan usaha dan kepentingan pribadi
benar-benar bisa terpisah, sehingga privasi kehidupan pribadi lebih terjaga.
Dengan membuat Fan Page Facebok, Anda dapat mengontrol pengaturan privasi di
halaman pribadi dan mengoptimalkan publisitas pada Fan Page, hal ini
bertujuan agar penggunaan facebook bisa lebih efektif.
4. Merek Usaha bisa menyebar lebih luas
Dengan membuat Fan Page Facebok Anda akan bisa menjangkau pasar yang lebih
luas, hal ini bisa dilihat dari peran penting penggemar fan page yang dapat
dengan bebas ikut men-share info ataupun foto-foto dari fanpage. Untuk orang
lain yang akan ikut menjadi penggemar-pun juga mudah, tidak harus
menunggu-nunggu konfirmasi admin.
5. Dapat memantau trafik kunjungan
Dalam Fan Page Facebook memiliki fasilitas berupa diagram untuk memantau
trafik kunjungan pada halaman, hal ini tidak dimiliki pada akun pribadi.
Alat pantau ini bisa dilihat secara harian, mingguan bulanan maupun tahunan.
Dengan mengetahui jumlah kunjungan dan perilaku pengunjung, tentu sebagai
pemasar Anda akan dengan mudah mengetahui bagaimana cara memaksimalkan
setiap postingan agar dapat bekerja secara efektif.
6. Segmen pasar lebih jelas
Membuat Fan Page Facebook untuk usaha bisa menjadi salah satu sarana untuk
mempertemukan produk dengan segmen pasar yang dituju, karena mereka yang
meng-like halaman Fan Page tentulah mereka yang memiliki minat atau
setidaknya memiliki keingintahuan terhadap usaha Anda. Memiliki jumlah
likers yang banyak pada Fan Page memang bukan perkara mudah, namun mereka
yang mau menjadi penggemar inilah pasar potensial yang sebenarnya di dunia
maya.
7. Fan Page Facebook Dapat Diiklankan
Facebook memiliki fasilitas periklanan yang hanya bisa dilakukan pada Fan
Page. Dalam periklanan ini Anda bisa menentukan target pasar yang dituju,
misalnya secara geografis, demografis atau lainnya. Dengan Membuat Fan Page
Facebook Anda dapat memanfaatkan fasilitas ini, namun tidak pada halaman
pribadi Anda.
Selain dapat mengiklankan Fan Page, di Facebook Anda juga dapat mengiklankan
salah satu postingan yang dianggap perlu untuk diiklankan secara khusus.
Mengiklankan postingan ini hanya dapat dilakukan jika postingan dilakukan di
Fan Page bukan dalam postingan akun pribadi. Iklan fan page maupun iklan
postingan fanpage ini akan dapat dilihat oleh para pengguna facebook sesuai
pasar yang ditarget meski mereka tidak berteman dengan Anda.
8. Newsfeed MARKETING
Newsfeed marketing merupakan dasar dari pemasaran media sosial. Dengan
memiliki Fan Page yang selalu diperbarui secara teratur, Anda dan orang lain
akan dapat melihat newsfeed di Fun Page. Ketika para penggemar berinteraksi
dengan posting di Fun Page, biasanya postingan tersebut juga akan muncul di
newsfeed teman-teman likers Fan Page Facebook. Ini adalah kunci untuk
mendapatkan penggemar baru.
9. Saling komentar tentang Merek
Sebagaimana akun pribadi, di akun Fan Page Facebook juga dapat meng-like
Fanpage sejenis lainnya. Hal ini sangat menguntungkan untuk menarik
orang-orang baru agar lebih mengenal tentang usaha Anda.
Perbedaan Facebook Page dan Facebook Profile (Profil Facebook)?
Dengan informasi tentang halaman, maka sangat jelas perbedaan anata halaman dan profil facebook.
Secara tampilan, Facebook Page dan Facebook Profile adalah hampir sama
Sudah siap untuk mengembangkan usaha? Ayo segera buat Halaman Facebook-mu
Tidak ada komentar