Beranda
facebook
facebook page
Facebook Page, Fitur Yang Dibuat Untuk Usaha
Didik Supriyanto
April 20, 2022

Facebook Page, Fitur Yang Dibuat Untuk Usaha

Facebook merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di dunia.  Dengan populasi 2,8 milyar pengguna bulanan dan 1,8 milyar pengguna harian. Jumlah ini sudah melebihi populasi negara Tiongkok yang hanya 1,4 milyar (wikipedia).

Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mempromosikan bisnis melalui media sosial ini. 

Lalu, bagaimana langkah awal yang harus Anda ambil? Ya, langkah pertama yang harus Anda ambil adalah, dengan membuat Facebook Page. 

Facebook Page

Apa itu Facebook Page (Halaman Facebook)?

Mungkin sebagian dari kita tidak asing apa itu Facebook Page. Tetapi apakah sudah benar-benar mengetahui apa itu Facebook Page.

Dikutip dari halaman Facebook for Business

Halaman Facebook adalah adalah fitur gratis bagi bisnis yang bisa membantu Anda mengembangkan eksistensi di dalam dan di luar Facebook.

Jadi, Halaman Facebook meruapakan profil usaha sebagai eksistensi bisnis didalam platform Facebook.

Lebih mudahnya, Halaman Facebook sebagai etalase dari usaha.

Untuk siapa Facebook Page?

Halaman Facebook ditujukan kepada pemilik usaha, merek, selebriti, gerakan dan organisasi untuk berinteraksi dengan fan.

Fitur-fitur Facebook Page

1. Informasi Bisnis:

Halaman menampilkan informasi tentang bisnis Anda, seperti alamat, nomor telepon, jam kerja, kategori, nama pengguna unik, dan lainnya.

2. Postingan:

Cara tercepat untuk membagikan informasi di Halaman Anda adalah dengan membuat postingan. Anda bisa menambahkan tombol tindakan untuk mendorong orang mengambil tindakan tertentu. Gunakan fitur penerbitan kami untuk mengelola jadwal postingan Anda.

3. Pesan:

Halaman Anda dilengkapi dengan Kotak Masuk, yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan orang di Facebook, Instagram, dan Messenger. Anda juga bisa menggunakan fitur untuk mengelola pesan Anda dan mengotomatiskan tanggapan.

4. Fitur:

Anda bisa menggunakan fitur Halaman gratis kami agar bisa terhubung dengan pelanggan dan mengembangkan bisnis Anda. Fitur seperti Acara dan Janji Temu bisa membantu mengembangkan basis pelanggan Anda, sedangkan Lowongan Kerja bisa membantu Anda mencari kandidat yang berkualifikasi.

5. Insight:

Insight bisa membantu Anda menemukan pelanggan yang tertarik dengan tawaran Anda. Anda bisa memahami tindakan yang dilakukan orang di Halaman Anda, seperti seberapa sering mereka menyukai, mengomentari, atau membagikan postingan. Anda juga bisa melihat insight tentang Halaman pesaing untuk mempelajari industri dan pemirsa Anda.

6. Integrasi:

Halaman mampu mengintegrasikan profil pada Instagram serta WhatsApp.

Iklan:

Dengan iklan berbayar, mampu menjangkau audiens yang lebih luas. Karena jumlah populasi di Facebook yang sangat besar

Manfaat Facebook Page

1. Jumlah teman atau penggemar yang tak terhingga.

Ini adalah salah satu poin penting kenapa harus membuat Fan Page Facebok untuk usaha Anda. Dengan memiliki fanpage, Anda akan bisa meraih pertemanan lebih banyak jika dibandingkan dengan akun pribadi yang hanya dibatasi hingga 5000 orang. Semakin banyak orang yang mengenal nama usaha Anda dampaknya tentu merek usaha akan lebih populer.

2. Jumlah admin bisa lebih dari satu

Berbeda dengan membuat akun pribadi, Fan Page Facebok dapat dikelola oleh banyak orang dengan hak akses dan wewenang yang berbeda-beda. Dalam akun fanpage ini seseorang bisa diberi wewenang sebagai admin, sebagai editor, moderator, advertiser ataupun hanya sebagai analyser. Semakin tinggi wewenangnya secara otomatis akan memiliki akses lebih banyak dalam mengelola fan page.

3. Kehidupan pribadi lebih terjaga

Pada dasarnya akun facebook tidak boleh digunakan untuk membuat nama akun perusahaan. Hal ini dilakukan agar kepentingan usaha dan kepentingan pribadi benar-benar bisa terpisah, sehingga privasi kehidupan pribadi lebih terjaga. Dengan membuat Fan Page Facebok, Anda dapat mengontrol pengaturan privasi di halaman pribadi dan mengoptimalkan publisitas pada Fan Page, hal ini bertujuan agar penggunaan facebook bisa lebih efektif.

4. Merek Usaha bisa menyebar lebih luas

Dengan membuat Fan Page Facebok Anda akan bisa menjangkau pasar yang lebih luas, hal ini bisa dilihat dari peran penting penggemar fan page yang dapat dengan bebas ikut men-share info ataupun foto-foto dari fanpage. Untuk orang lain yang akan ikut menjadi penggemar-pun juga mudah, tidak harus menunggu-nunggu konfirmasi admin.

5. Dapat memantau trafik kunjungan

Dalam Fan Page Facebook memiliki fasilitas berupa diagram untuk memantau trafik kunjungan pada halaman, hal ini tidak dimiliki pada akun pribadi. Alat pantau ini bisa dilihat secara harian, mingguan bulanan maupun tahunan. Dengan mengetahui jumlah kunjungan dan perilaku pengunjung, tentu sebagai pemasar Anda akan dengan mudah mengetahui bagaimana cara memaksimalkan setiap postingan agar dapat bekerja secara efektif.

6. Segmen pasar lebih jelas

Membuat Fan Page Facebook untuk usaha bisa menjadi salah satu sarana untuk mempertemukan produk dengan segmen pasar yang dituju, karena mereka yang meng-like halaman Fan Page tentulah mereka yang memiliki minat atau setidaknya memiliki keingintahuan terhadap usaha Anda. Memiliki jumlah likers yang banyak pada Fan Page memang bukan perkara mudah, namun mereka yang mau menjadi penggemar inilah pasar potensial yang sebenarnya di dunia maya.

7. Fan Page Facebook Dapat Diiklankan

Facebook memiliki fasilitas periklanan yang hanya bisa dilakukan pada Fan Page. Dalam periklanan ini Anda bisa menentukan target pasar yang dituju, misalnya secara geografis, demografis atau lainnya. Dengan Membuat Fan Page Facebook Anda dapat memanfaatkan fasilitas ini, namun tidak pada halaman pribadi Anda.
Selain dapat mengiklankan Fan Page, di Facebook Anda juga dapat mengiklankan salah satu postingan yang dianggap perlu untuk diiklankan secara khusus. Mengiklankan postingan ini hanya dapat dilakukan jika postingan dilakukan di Fan Page bukan dalam postingan akun pribadi. Iklan fan page maupun iklan postingan fanpage ini akan dapat dilihat oleh para pengguna facebook sesuai pasar yang ditarget meski mereka tidak berteman dengan Anda.

8. Newsfeed MARKETING

Newsfeed marketing merupakan dasar dari pemasaran media sosial. Dengan memiliki Fan Page yang selalu diperbarui secara teratur, Anda dan orang lain akan dapat melihat newsfeed di Fun Page. Ketika para penggemar berinteraksi dengan posting di Fun Page, biasanya postingan tersebut juga akan muncul di newsfeed teman-teman likers Fan Page Facebook. Ini adalah kunci untuk mendapatkan penggemar baru.

9. Saling komentar tentang Merek

Sebagaimana akun pribadi, di akun Fan Page Facebook juga dapat meng-like Fanpage sejenis lainnya. Hal ini sangat menguntungkan untuk menarik orang-orang baru agar lebih mengenal tentang usaha Anda.

Perbedaan Facebook Page dan Facebook Profile (Profil Facebook)?

Dengan informasi tentang halaman, maka sangat jelas perbedaan anata halaman dan profil facebook.

Secara tampilan, Facebook Page dan Facebook Profile adalah hampir sama

Sudah siap untuk mengembangkan usaha? Ayo segera buat Halaman Facebook-mu

Penulis blog

Tidak ada komentar